News  

Luhut sebut Kejuaraan Atletik Pelajar upaya bersama pemersatu bangsa

Luhut sebut Kejuaraan Atletik Pelajar upaya bersama pemersatu bangsa

Jakarta (ANTARA) – Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) Luhut Binsar Pandjaitan menyebut Kejuaraan Atletik Pelajar atau Student Athletics Championships memiliki peran lain di luar pencarian talenta muda, yakni sebagai upaya bersama pemersatu bangsa Indonesia.

Hal itu disampaikan pria yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) tersebut saat ia menghadiri Student Athletics Championsips Seri Yogyakarta di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Minggu.

Student Athletics Championships yang diselenggarakan ini merupakan salah satu upaya untuk kita bersama-sama dari berbagai ras dan budaya, mempersatukan bangsa Indonesia, dengan cara meningkatkan kemampuan dan semangat atletik seperti ini,” kata Luhut seturut keterangan pers yang diterima di Jakarta.

Oleh karena itu Luhut mengaku bercita-cita agar atletik lebih dikenal dan dinikmati kalangan luas, sebab olahraga tersebut diyakininya tidak pernah memandang kasta serta kerap menjadi penyumbang medali bagi Indonesia dalam berbagai tingkat kompetisi maupun multievent.

“Dan lebih daripada itu, cabang olahraga inilah yang diharapkan dapat menguatkan persatuan dan kesatuan kita semua sebagai warga negara dengan berbagai kegiatan yang diadakan serentak di seluruh provinsi di Indonesia,” ujar Luhut.

Baca juga: 3.123 atlet turun di Student Athletics Championships 2022 Yogjakarta

Student Athletics Championships diketahui menjaring sedikitnya 22 ribu peserta dengan melibatkan sekira sekurangnya 400 sekolah yang ditargetkan turut menggaet sebanyak 20 ribu pengunjung sepanjang ajang pencarian bakat itu dilangsungkan.

D.I. Yogyakarta termasuk salah satu provinsi yang berkesempatan menjadi lokasi penyelenggaraan Student Athletics Championships yang nantinya akan memilih 300 atlet pelajar terbaik untuk berlomba dalam babak National Championship di Jakarta, Desember mendatang.

“Dari hasil inilah para putra-putri terbaik dari daerah akan diseleksi sebagai pemenang dan berhak mewakili daerahnya untuk mengikuti kunjungan dan pendidikan di negara maju yang memiliki prestasi atletik terbaik seperti Amerika dan beberapa negara lainnya,” kata Luhut.

“Selain itu para talenta muda ini nantinya juga akan kami ikutkan dalam program training center yang akan melibatkan para pelatih terbaik dan program atletik terbaik hingga memiliki tujuan untuk dapat mengharumkan nama Atletik Indonesia di kancah global. Hal ini kami lakukan semata-mata sebagai bentuk kecintaan kami kepada negara ini,” ujarnya melengkapi.

Baca juga: Mimika Papua jadi kota kedua kualifikasi Champion SAC Indonesia 2022

Baca juga: PASI berencana kirim timnas atletik ke Kenya dan China

 

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *