News  

Kemenkominfo ungkap strategi akselerasi digital Indonesia

Kemenkominfo ungkap strategi akselerasi digital Indonesia

Jakarta (ANTARA) – Sekretaris Jendral Kementerian Komunikasi dan Informatika Mira Tayyiba dalam forum Bucharest Ministerial Roundtable 2022 yang digelar di Romania, membeberkan keberhasilan Indonesia dalam mengakselerasi transformasi digital, termasuk tiga isu prioritas dalam Digital Economy Working Group (DEWG) Presidensi G20 Indonesia.

“Pemerintah Indonesia secara sekilas melaporkan pencapaian dan suksesnya penyelenggaraan Digital Economy Working Group Presidensi G20 Indonesia 2022. Kami sampaikan langkah-langkah yang sudah pemerintah Indonesia lakukan untuk membangun transformasi digital yang inklusif, memberdayakan, dan berkelanjutan,” kata Mira dalam siaran persnya, Minggu.

Mira menyebutkan bahwa Pemerintah Rumania selaku tuan rumah sidang ITU PP 2022 mengundang para menteri yang menangani sektor digital untuk hadir dalam Bucharest Ministerial Roundtable sebagai pertemuan pembuka.

Dalam forum tersebut, ada banyak negara yang mengungkapkan langkah-langkah strategis menjawab tantangan transformasi digital yang bisa menjadi inspirasi bagi antarnegara menghadirkan solusi yang lebih inovatif.

Forum itu memberikan kesempatan diskusi dan tukar pandangan dan pengalaman perwakilan berbagai negara.

Hasil dari diskusi akan diadopsi sebagai deklarasi bersama yang merangkum pendekatan bersama tentang kebijakan untuk pengembangan masa depan digital yang berkelanjutan.

“Supaya kita bisa juga menggambarkan bahwa untuk membangun digital yang lebih baik di masa depan, memang diperlukan kerja sama baik itu domestik, regional maupun secara global,” ujarnya.

Kementerian Komunikasi dan Informatika selaku focal point organisasi ITU akan menghadiri Sidang PP-2022 yang berlangung dari tanggal 26 September sampai 14 Oktober 2022.

Sidang ITU PP 2022 merupakan sidang terbesar ITU yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali dalam rangka memilih Anggota Dewan (Council).

Menkominfo Johnny G. Plate akan menjadi Ketua Delegasi Republik Indonesia dalam sidang itu.

Baca juga: Menkominfo pimpin langsung delegasi Indonesia di pencalonan dewan ITU

Baca juga: Menkominfo ajak Pemerintah Portugal dukung Indonesia jadi dewan ITU

Baca juga: Dugaan kasus suap KSP Intidana di MA itu aktivitas mafia peradilan

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *