Penyebab Starter Mobil Panjang dan Cara Mengatasinya

Penyebab Starter Mobil Panjang dan Cara Mengatasinya

Penyebab starter mobil panjang nyatanya cukup beragam, hal ini dapat menyebabkan kendaraan menjadi sulit untuk distarter sehingga akan mengganggu kelancaran saat hendak beraktivitas khususnya di pagi hari.

Umumnya memang penyebab mobil susah distarter seringkali dikarenakan adanya masalah pada bagian aki. Namun tidak hanya itu saja, karena masih ada beberapa hal yang juga memicu terjadinya mobil susah distarter. Lantas apa saja itu? Simak penjelasannya pada aritkel ini!

Kenapa Starter Mobil Panjang?

Seringkali, gangguan berupa mobil susah hidup diakibatkan karena adanya masalah pada bagian aki. Namun anehnya, aki malah ditemukan masih dalam keadaan yang masih bagus dan optimal.

Oleh sebab itu banyak orang yang mengira-ngira apa sebenarnya dai penyebab mobil susah distarter sebenarnya.

Padahal dalam kondisi yang normal, menyalakan mesin mobil terbilang cukup mudah yaitu hanya perlu untuk memutar kunci ke bagian start maka kendaraan tersebut sudah siap untuk dikemudikan.

Akan tetapi, banyak pengendara yang kerap kali menemukan gangguan berupa starter mobil panjang atau menjadi susah dihidupkan.

Sulitnya menghidupkan mesin ini akan membuatnya secara langsung harus dilakukan proses starter berkali-kali. Hal ini akan memaksa daya dari baterai untuk bekerja lebih keras sebagai sumber tenaga utama dalam melakukan cranking.

Karena itulah, mengetahui penyebab starter mobil panjang menjadi hal penting yang harus diketahui oleh setiap pengendara mobil agar dapat menghindari sekaligus segera menyelesaikan masalah saat gangguan ini terjadi pada kendaraanmu.

Berikut adalah beberapa penyebab starter mobil panjang yang perlu untuk kamu ketahui sehingga dapat menyelesaikan masalah dengan lebih cepat, diantaranya adalah:

1. Aki mengalami kerusakan atau soak

Salah satu penyebab mobil susah distarter paling utama yaitu adalah kondisi aki yang sudah soak.

Komponen ini wajib dilakukan cek secara berkala mengingat aki adalah komponen di dalam mobil yang memiliki fungsi utama untuk memasok daya listrik kebagian mesin lainnya sehingga kendaraan dapat bergerak dengan baik.

Soaknya aki ini akan sangat terasa saat melakukan starter mobil karena isinya yang sudah hampir habis.

Jadi, pastikan untuk selalu mengecek kondisi aki secara berkala baik secara langsung ataupun menggunakan alat seperti voltmeter.

Sebab, alat ini memiliki kemampuan untuk menampilkan sisa daya atau tegangan listrik yang ada di dalamnya. Namun jika sudah benar-benar habis maka kamu perlu menggantinya lagi dengan yang baru.

2. Adanya masalah pada bagian busi

Penyebab starter mobil panjang kedua yang mungkin terjadi adalah kemungkinan adanya masalah yang terjadi pada bagian busi kendaraan tersebut. Busi yang mengalami gangguan umumnya terjadi akibat kotoran yang menumpuk ataupun busi menjadi terlalu padat ataupun renggang.

Hal ini tentu akan menyebabkan mobil susah hidup sehingga kamu dapat melepas busi dan membersihkannya terlebih dahulu jika dirasa sudah terlalu kotor lalu memasangnya kembali ke bagian semula.

3. Kerusakan pada koil

Hampir serupa dengan busi, mobil susah distarter juga dapat terjadi akibat adanya kerusakan pada bagian koil. Sebab, koil memiliki peranan besar dalam proses starter mobil karena komponen ini mampu untuk melipatgandakan tegangan listrik dalam jumlah besar dan menyalurkannya kepada aki.

Barulah setelah itu, arus listrik tersebut disalurkan ke bagian busi sehingga akan memantik terjadinya bunga api agar mobil dapat bergerak. Namun, jika koil pada bagian mobilmu mengalami kerusakan dapat dipastikan karena suhu pada mesin terlalu panas (overheat).

4. Pompa bensin tidak bekerja dengan optimal

Pompa bensin atau bahan bakar yang tidak dapat bekerja dengan optimal juga dapat menjadi penyebab starter mobil panjang. Sebab, komponen seperti pompa bensin ini menjadi bagian yang akan terhubung langsung dengan tangki kendaraan.

Jadi, jika kondisi pompa bensin mulai melemah dan tidak dapat bekerja dengan baik maka tentu hal ini akan berpengaruh langsung terhadap suplai bensin ke komponen mobil yang membutuhkan.

Karena itulah, kamu perlu untuk mengganti bagian pompa dengan yang baru saat komponen ini sudah tidak mampu lagi untuk bekerja secara optimal.

5. Sensor suhu (WTS) Terganggu

Sensor suhu atau biasa dikenal dengan istilah Water temperature sensor (WTS). Ini merupakan sensor yang berfungsi untuk mendeteksi suhu mesin sebelum disalurkan ke bagian ECU. 

Jadi apabila WTS rusak, tentu informasi mengenai suhu mobil akan menjadi bermasalah sehingga menyebabkan kinerja injeksi terganggu sehingga mobil tentu akan sulit untuk distarter.

Cara mencegah munculnya penyebab starter mobil panjang

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi sekaligus mencegah munculnya penyebab starter mobil panjang pada kendaraan milikmu.

Hal inilah yang membuat kegiatan seperti perawatan rutin menjadi hal penting yang harus dilakukan agar meminimalisir masalah starter yang mungkin akan terjadi saat mobil dioperasikan.

Namun secara garis besar, berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi masalah mobil susah distarter, diantaranya adalah:

  • Lakukan cek rutin pada bagian pompa bensin secara berkala agar aliran bahan bakar dapat terus terdistribusi secara optimal.
  • Mengganti busi mobil saat mengalami kerusakan dengan yang baru. Namun jika hanya terjadi penumpukan kotoran, maka kamu cukup membersihkannya saja sebelum dikembalikan ke tempatnya yang semula.
  • Rutin membersihkan karburator agar tidak mengalami banjir karena penumpukan kotoran.
  • Rutin untuk memeriksa kondisi aki, alternator dan juga dinamo starter untuk memastikan mesin mobil dapat bekerja secara baik dan optimal.
  • Melakukan pengecekan suhu pada koil secara berkala untuk memastikan temperaturnya tidak terlalu tinggi. Sebab, hal ini dapat menjadi penyebab mobil susah distarter.

Tips dari Lifepal! Penyebab starter mobil panjang nyatanya cukup beragam sehingga hal ini dapat menyebabkan mobil tidak bisa distarter. 

Beberapa penyebab terjadinya gangguan ini mulai dari aki yang rusak atau soak, kerusakan pada koil, sensor suhu, dan pompa bensin serta adanya masalah yang terjadi pada bagian busi.

Akan tetapi, semua hal tersebut dapat dihindari dengan mudah asalkan kamu selalu melakukan perawatan mobil secara rutin dan menyeluruh dalam periode waktu yang telah ditentukan.

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Manfaat memiliki asuransi mobil

Biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Yuk, coba gunakan kalkulator menabung Lifepal!

Sudah tahu berapa yang harus kamu tabung untuk sesuatu setiap bulannya? Walaupun pemasukan kamu tidak besar, kamu harus berusaha memprioritaskan menabung. Sebab dana tabungan bisa kamu gunakan untuk uang darurat, modal, atau modal usaha.

Gunakanlah kalkulator menabung bulanan untuk bantu menghitung besarnya uang yang harus kamu tabung untuk tujuan kamu. Cobalah kalkulator menabung bulanan ini.

Gunakan pula kalkulator waktu menabung di bawah ini untuk menghitung waktu menabung yang dibutuhkan untuk mencapai target nilai akhir tabungan.

Cek uang pertanggungan asuransi kamu

Uang pertanggungan adalah sejumlah uang yang akan cair jika terjadi risiko meninggal dunia. Produk asuransi umumnya akan memberikan uang pertanggungan asuransi (UP).

Nilai uang pertanggungan adalah hasil perhitungan Nilai Hidup Manusia. Jika kamu ingin mengetahui berapa besarannya, manfaatkan kalkulator nilai hidup manusia berikut ini untuk menghitungnya:

Perlu kamu ketahui, asuransi memiliki sejumlah risiko, terutama mengenai risiko kerugian investasi. Jika produk yang kamu pilih berbentuk unit link, maka ada risiko kerugian investasi di dalamnya.

Artinya, ada kemungkinan kamu perlu membayar premi lebih lama dari ketentuan awal jika terjadi risiko kerugian tersebut. Kalau kamu tidak mengisi ulang saldo unit link yang kosong, bisa-bisa polis kamu lapse.

Maka dari itu, pastikan sebelum memilih produknya kamu sudah membaca polisnya secara rinci. Mau cara yang lebih simple? Manfaatkan fitur perbandingan asuransi terbaik di Lifepal!

Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi jiwa terbaik

Pertanyaan seputar penyebab starter mobil panjang

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *